Apa Sajakah Dampak Pencemaran Udara Dalam Skala Mikro?

  • Gangguan pernapasan akibat partikel SOx dan NOx.

Peningkatan konsentrasi sulfur di atmosfer dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia, terutama menyebabkan penyakit bronkhitis, pneumonia, dan gagal jantung. Partikel – partikel tersebut biasanya sulit dibersihkan jika sudah mencapai alveoli sehingga menyebabkan iritasi dan gangguan pertukaran gas.

Nitrogen oksida memainkan peranan penting dalam penyusunan jelaga fotokimia. Peroksiasil nitrat yang dibentuk dalam jelaga sering menyebabkan iritasi pada mata dan paru-paru.

  • Keracunan Timah

Timah dapat ditemukan di udara, air dan makanan yang kita makan. Keracunan timah dapat terjadi jika timah terakumulasi di dalam tubuh dalam periode yang lama. Dalam konsentrasi tinggi, timah dapat menyebabkan tubuh kehilangan kontrol terhadap tangan dan kaki, kram, koma dan kematian.

  • Keracunan Gas CO

Bila masuk ke dalam tubuh, gas ini mempunyai afinitas (daya ikat) terhadap haemoglobin (Hb) lebih tinggi daripada oksigen. Oleh sebab itu, bila CO masuk ke dalam peredaran darah maka Hb akan lebih banyak mengikat CO daripada mengikat oksigen, menghasilkan HbCO. Bila 70 – 80 % Hb telah mengikat CO akan menyebabkan kematian.

Tahukah Kamu????

GAS BUANGAN KENDARAAN BERMOTOR

asap_motorGas buangan kendaraan bermotor dapat menyebabkan iritasi pada mata. bahaya polusi timbal jauh lebih bahaya terhadap manusia. Gas buangan mengandung timbal (Pb) dan gas karbonmonoksida (CO). Kandungan ini bisa mengurangi kualitas intelejensia (IQ) dan bisa mengendap dalam darah. Ini tergolong kasus pencemaran tingkat I.


Lets Think (6)!

Dewasa ini, terdapat 2 jenis bahan bakar kendaraan bermotor yaitu bahan bakar minyak (BBM) dan bahan bakar gas (BBG). Bahan bakar minyak contohnya adalah premium. Sedangkan BBG terdiri atas 2 jenis yaitu BBG 1 dan BBG 2.

Berikut ini adalah salah satu hasil uji emisi yang dilakukan untuk mengetahui perbedaan emisi gas buang CO pada kendaraan uji dengan membandingkan antara emisi gas buang kendaraan yang menggunakan bahan bakar premium dengan BBG.

 

Keterangan:

– BBG 1 = Bahan Bakar Gas 1

– BBG 2 = Bahan Bakar Gas 2

a.Buatlah kesimpulan dari grafik di atas!

b. Dari ketiga alternatif bahan bakar di atas, bahan bakar manakah yang lebih baik digunakan? kemukakan alasanmu!

 

Iklan