Pencemaran tanah adalah masuknya polutan (bahan pencemar) berupa bahan cair atau padat ke suatu areal tanah, sehingga terjadi penurunan kualitas tanah.

Apa Sajakah Sumber Pencemaran Tanah??

1. Limbah domestik

Limbah domestik dapat berupa limbah padat dan limbah cair. Limbah padat anorganik tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme, misalnya kantong plastik, kaleng minuman ringan, botol air mineral. Limbah cair misalnya minyak, oli, deterjen. Jika meresap ke dalam tanah dapat membunuh mikroorganisme pengurai dalam tanah.

2. Limbah pertanian

Penggunaan pupuk kimia berlebihan dapat menyebabkan tanah menjadi keras dan kehilangan zat hara.

3. Limbah industri

Limbah industri berupa limbah padat yang berupa padatan atau lumpur hasil pengolahan dari industri kertas, pulp,dll. Selain limbah padat dihasilkan juga limbah cair yang merupakan hasil pengolahan suatu proses produksi, misalnya industri pelapisan logam dan industri kimia lainnya.

Tahukah Kamu???

gundukan-sampah
gundukan sampah (www.e-dukasi.net)

Gundukan sampah yang berasal dari limbah domestik dapat mengganggu/ mencemari karena: lindi (air sampah), bau dan estetika. Gundukan sampah juga menutupi permukaan tanah sehingga tanah tidak bisa dimanfaatkan. Selain itu, gundukan sampah dapat menghasilkan gas nitrogen dan asam sulfida, adanya zat mercury, chrom dan arsen pada timbunan sampah dapat menimbulkan gangguan terhadap bio tanah, tumbuhan, merusak struktur permukaan dan tekstur tanah. Limbah lain seperti oksida logam, baik yang terlarut maupun tidak pada permukaan tanah menjadi racun.

pemisahan sampah(www.e-dukasi.net)
pemisahan sampah(www.e-dukasi.net)

Sampah domestik yang berjumlah sangat banyak memerlukan penanganan khusus agar tidak mencemari tanah. Pertama sampah tersebut kita pisahkan ke dalam sampah organik yang dapat diuraikan oleh mikroorganisme (biodegradable) dan sampah yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme (nonbiodegradable). Oleh karena itu, sangatlah bijaksana jika setiap rumah tangga dapat memisahkan sampah atau limbah atas dua bagian yakni organik dan anorganik dalam dua wadah yang berbeda sebelum diangkut ketempat pembuangan akhir.

Tahukah Kamu???

limbah pabrik

limbah pabrik

Limbah padat hasil buangan industri berupa padatan, lumpur, bubur yang berasal dari proses pengolahan. Penimbunan limbah padat mengakibatkan pembusukan yang menimbulkan bau di sekitarnya karena adanya reaksi kimia yang menghasilkan gas tertentu.

Dengan tertimbunnya limbah ini dalam jangka waktu lama, permukaan tanah menjadi rusak dan air yang meresap ke dalam tanah terkontaminasi dengan bakteri tertentu yang mengakibatkan turunnya kualitas air tanah pada musim kemarau. Selain itu timbunan akan mengering dan mengundang bahaya kebakaran.

mesin-pengolah-limbah
mesin-pengolah-limbah (www.e-dukasi.net)

Untuk mengatasi permasalahan di atas, pihak industri harus mengolah limbah industri dalam pengolahan limbah, sebelum dibuang ke sungai atau ke laut.

Tahukah kamu??

pestisida

Penggunaan pestisida bukan saja mematikan hama tanaman tetapi juga mikroorganisme yang berguna di dalam tanah. Padahal kesuburan tanah tergantung pada jumlah organisme di dalamnya. Selain itu penggunaan pestisida yang terus menerus akan mengakibatkan hama tanaman kebal terhadap pestisida tersebut. Terlebih lagi akumulasi pestisida akan berdampak pada kesehatan manusia.

Let’s think (4)!

Petani di daerahmu resah karena sawah yang mereka garap mulai diserang hama walang sangit. Ada beberapa alternatif yang dapat dilakukan untuk memabsmi hama walang sangit, diantaranya:

1. Melepaskan predator alami beruba laba – laba dan menanam jamur yang dapat menginfeksi walang sangit

2. Melakukan pengendalian kimia, yaitu dengan menggunakan insektisida

3. Menangkap walang sangit pada pagi hari dengan menggunakan jala penangkap.

Dari ketiga cara di atas, cara manakah yang akan kamu sarankan kepada para petani tersebut!Kemukakan alasanmu!

Iklan